Minggu, 01 Juni 2008

HERPES KULIT


Herpes zoster, banyak akhir-akhir ini di praktek saya. Kalau muncul di usia lanjut, sering mengakibatkan nyeri yang berkepanjangan meski penyakit kulitnya sudah sembuh (neuralgia pasca herpes). Kalau anda belum pernah sakit cacar air, sebaiknya divaksinasi anti cacar air/herpes zoster. Karena baik cacar maupun herpes kulit virus penyebabnya sama (varicella-zoster virus).


Gejala awal sering tidak jelas. Demam ringan, nyeri di kulit yang terserang dengan sensasi yang bermacam-macam dari rasa tertusuk, rasa seperti semut berjalan, rasa terbakar, dll. 2-3 hari setelah gejala awal baru lenting herpes atau cacar muncul.


Lenting cacar muncul seluruh badan. Kalau Herpes hanya satu bagian/pihak tubuh. Tidak pernah menyatu kiri-kanan.


Penyakit ini menular, maka segeralah ke dokter bila gejala tersebut muncul.

5 komentar:

silent mengatakan...

bu dokter,saya mengalami penyakit tersebut.dan saya sudah ke dokter.apa penyebabnya ya?,saya cari artikel kok herpes tu pnyakit kelamin.mohon bantuanya

saia mengatakan...

bu dokter,
2 bulan yg lalu saya k dokter, dokter saya bilang kalo saya terkena herpes kulit
tubuh saya gatal,dan ada lecet d sekujur tubuh

saya sudah berkali kali k dokter, tapi belum juga sembuh sampai sekarang..
yg ingin saya tanyakan..
apakah penyakit ini bisa sembuh dan bagaimana mengobatinya dengan cepat?

sekian
terimakasih

erni mengatakan...

herpes ni apa cuma di alat kelamin???kalau rasa gatal, keluar cairan dan terbakarnya itu di daerah perut dan di atas vagina, apa itu termasuk herpes???

cara pengobatannya gimana???pengen cepet sembuh coz udah lama kayak gini...

Ade mengatakan...

anak saya juga kena herpes http://adesri.posterous.com/anakku-kena-herpes.

Alhamdulillah setelah mengkonsumsi Asiklovir oles dan puyer, keadaannya semakin membaik.

Saya cuma khawatir suatu hari akan kambuh lagi :(

ndachan mengatakan...

sore dok..
thun 2009 sy prnh kenak herpes d punggung sebelah kanan, awl nya nyeri sprti yg di syat", kmdian mncul gelmbung" cairan. selama 1 bln lbh sy ga bs pake bra, dan setelah kering muncul sprti daging tumbuh di bekas luka. sampai sekarang terasa nyeri.. blan 5/2011 muncul lagi, tapi punggung sebelah kiri, priksa ke bidan trus di ksh salaf acyclovir cepet smbuh nya, tapi sampai sekarng rasa nyeri masih terasa dok. dan terkadang tiba" di dlm pydra sy skit bgetm kayak yg di syat".. yg sy tnya..
1)apa penyebab herpes yg sy almi..?
2)apa obat yg pling ampuh buat
hlngin rasa nyeri di bekas
luka...?
3)apa ga berbahaya daging tumbuh di
bekas luka herpes yg sy alami..?
mohon jawaban nya ya dok...!!!!